Sabtu, 05 November 2011

"PENTINGNYA MANAJEMEN WAKTU"



   Sesering apakah kamu dengar “aku ngga punya waktu” sebagai alasan ataupun jawaban untuk pertanyaan kamu??? Padahal sudah ada 24 jam yang diberikan kepada kita, 8 jam tidur, 8 jam kerja, dan 8 jam untuk hal-hal laintapi bagi kita itu terlalu sedikit untuk berbuat banyak hal. Tapi dengan sedikit menyiasati dan “mencuri” waktu setidaknya waktu yang terbuang menjadi lebih sedikit dan kita mempunyai lebih banyak waktu luang. Ini adalah tujuan utama dari manajemen waktu. 

   Salah satu kunci orang sukses adalah manajemen waktu. Namun dalam membuat jadwal lalu menjalankan kegiatan sesuai jadwal tersebut tidaklah mudah. Seringkali kamu bingung pada saat mendekati deadline padahal yang kamu kerjakan belum selesai. Dan waktu terasa begitu cepat berjalan. Seharusnya hal tersebut tidak terjadi bila kamu pintar dalam mengatur waktu. Sebenarnya semua itu kembali kepada diri sendiri. Kita harus disiplin kepada diri kita sendiri. Ada juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam melatih manajemen waktu.
 
   Self awareness,dalam hal ini dibutuhkan kesadaran akan diri sendiri. Banyak orang yang lebih mengenal orang lain daripada dirinya sendiri. Tidak mngerti apa yang disukai,apa yang diinginkan dan sebagainya. Maka dari itu harus dilatih dalam menyadari diri sendiri. Bila self awereness kita tinggi,maka kita akan bisa menentukan apa yang baik dan buruk bagi diri kita sendiri. Value,di sini kita harus bisa tahu apa yang bermanfaat bagi diri kita. Prioritas,kita harus bisa memilih mana yang lebih penting dan berdampak baik bagi diri kita dan sekitar. Goal setting,dapat dibuat per hari atau per minggu beguna untuk memotivasi kita dalam melakukan kegiatan sampai selesai. Disiplin,di sini bisa dilakukan dengan cara memberi reward untuk hal yang selesai dilakukan dan punishment untuk yang gagal dilakukan. Basmi sikap menunda,kurangi sikap dalam hal ini karena semakin cepat selesai semakin baik.



   Dalam me-manajemen waktu juga diperlukan pembiasaan dari dini. Dimulai dengan mengatur waktu yang sederhana, seperti mengatur waktu belajar, makan, tidur dan sebagainya. Dengan begitu untuk ke depannya pasti akan mudah untuk me-manajemen waktu yang lebih rumit.
 
   Tentu sekarang setelah membaca artikel ini sedikit banyak kamu akan mengerti dan tergerak untuk mau mengatur waktu dengan baik. Tidak ada kalimat “Aku ngga punya waktu” bila bisa menyiasatinya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar