Kamis, 27 Oktober 2011

PENTING GA YA ?? DATA BASE DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI?

Pernah ga sih kamu pergi ke perpustakaan yang menggunakan teknologi
digital lalu kamu cari buku yang kamu pengen?...

Kemudian kamu tinggal buka komputer, lalu masukin kata kunci pencarian.
Dan dengan cepat Buku yang kamu cari bisa langsung kamu temuin

Praktis bukan?...
Daripada kamu harus nyari-nyarii secara manual bikin kamu jadi puyeng dan makan waktu.

Contoh diatas merupakan penggunaan database dalam kehidupan sehari-hari.

APA ITU DATABASE ?....



Database merupakan sekumpulan data-data yang saling berhubungan satu dengan yang lain dan diinformasikan dalam bentuk yang spesifik. Pada umumnya database yang kita lihat sehari-hari biasa dibuat atau disajikan dalam bentuk tabel, namun tidak setiap tabel yang berisi data merupakan database.


Database itu terbentuk dari sekelompok data-data yang memiliki jenis/sifat sama. Misalnya : data mahasiswa, data dosen,  data barang dll.



Di Dalam Database kita akan mengenal beberapa istilah, antara lain sebagai berikut :

Tabel adalah Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record, Field atau kolom yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data, dan yang terakhir  record atau baris yaitu satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom/field.



Microsoft Access Sebagai Program Pengelah Database

Untuk mengatur bagaimana sebuah database dibuat dengan baik diperlukan suatu manajemen database yang baik pula.  Microsoft Access merupakan sebuah program manajemen database yang lebih popular dan banyak dipakai oleh para Designer database dunia.




Microsoft Access yang merupakan bagian dari program aplikasi Microsoft Office yang secara khusus dibuat untuk pengolahan manajemen database memiliki sarana atau objek-objek yang dapat mempermudah pekerjaan kita.

 Objek-objek yang dimaksud yaitu meliputi :

a. Form
Objek form digunakan untuk menambahkan data dalam sebuah database, dan melalui form ini juga kita dapat menampilkan dan mengedit data melalui beberapa cara.

b. Query
Sebuah Query digunakan untuk menampilkan data yang kita khususkan. Misalnya kita mempunyai sebuah database seluruh tenaga pengajar di SMA Negeri 01 Inderalaya, dari database tersebut kita ketahui bahwa sebagian besar para guru tersebut adalah laki-laki dan kita akan membuat atau menampilkan database para guru laki-laki saja maka melalui objek Query hal tersebut dapat dengan mudah kita lakukan.

 c. Report
Objek Report digunakan untuk mencetak data yang telah kita buat dalam sebuah papan layout dan dengan style tertentu.

d. Tabel
Dengan objek tabel ini juga kita dapat menampilkan dan melakukan pengeditan data. Objek tabel ini juga akan menampilkan data-data yang ada dalam suatu database. Objek tabel memiliki struktur dan karakteristik tersendiri.
  
e. Macro
Makro merupakan sebuah objek yang digunakan untuk mengoptimasi database dengan perintah atau cara yang kita spesifikasikan tanpa melalui pemograman.

f. Page
Merupakan halam Web yang digunakan untuk menambah, mengedit, menampilkan data Microsoft Access atau database SQL Server seperti halaman form.
 


         Jadi kesimpulannya Database sangat berpengaruh penting dalam kehidupan kita sehari-hari, dan dengan adanya database kita dapat memperoleh informasi yang kita inginkan secara cepat berapapun banyaknya data itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar